5/03/2017

Relay Arus Lebih (Over Current Relay)

OCR atau relay arus lebih adalah suatu relai yang bekerjanya berdasarkan adanya kenaikan arus yang melebihi suatu nilai pengaman tertentu dalam jangka waktu tertentu, sehingga relai ini dapat dipakai sebagai pola pengaman arus lebih.Over Current Relay ( OCR ) ini berfungsi untuk memproteksi peralatan listrik terhadap arus lebih yang disebabkan oleh gangguan arus hubung singkat. Selain itu Over Current Relay ( OCR ) juga berfungsi untuk mengamankan transformator dari arus yang melebihi dari arus yang dibolehkan  lewat dari transformator tersebut.


2)  Jenis Relai berdasarkan karakteristik waktu kerja

a Over Current Relay ( OCR ) seketika ( instantaneous)

b.  Over Current Relay ( OCR ) dengan waktu tertentu ( definite )

cOver Current Relay ( OCR ) dengan waktu kerja terbalik ( invers )

Over  Current  Relay  (  OCR  )  dapat  dibedakan  menjadi  beberapa  jenis, diantaranya adalah :
1. Over Current Relay ( OCR ) Inverse

Adalah Over Current Relay ( OCR ) yang waktunya kerjanya tegantung dari arus gangguan. Relai ini akan memberikan perintah kepada PMT ( pemutus tenaga ) pada saat  terjadi gangguan bila besar gangguannya melampaui arus penyetelannya dan jangka waktu relai ini mulai pick up sampai kerja waktunya diperpanjang berbanding terbailk dengan besarnya arus.

Sifat atau karakteristik dari relai inverse adalah relai baru akan bekerja bila yang mengalir pada relai tersebut melebihi besarnya arus setting ( Is) yang telah ditentukan.  Dan  lamany waktu  relai  bekerja  untuk  memberikan  komando trupping adalah paling lambat sesuai  dengan waktu setting ( Ts) yang dipilih. Pada relai ini waktu bekerjanya ( T tripp ) tidak sama dengan waktu setting ( Ts ). Karena sangat tergantung dengan besarnya arus yang mengerjakan relai tersebut, sehingga makin besar arus yang mengerjakan relai tersebut maka makin cepat waktu kerja ( Ttrip) dari relai tersebut.

Gambar 2.7
Karakteristik Inverse




Relai dapat dikelompokkan lagi menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut :
a. Standard Inverse
b.  Very Inverse
c. Extremely Inverse
d.  Long Time Inverse

2. Over Current Relay ( OCR ) Definite

Adalah  Over  Current  Relay  (  OCR  )  yang  waktu  kerjanya  tidak tergantung dari arus gangguan. Relai ini memberikan perintah kepada PMT ( Pemutus Tenaga )  pada  saat terjadi gangguan bila besar gangguannya melampaui arus penyetelannya, dan jangka waktu relai ini mulai pick up sampai kerja diperpanjang dengan waktu tidak tergantung besarnya arus.
Sifat atau karakteristik dari relai definite adalah relai baru akan bekerja bila yang mengalir pada relai tersebut melebihi besarnya arus setting ( Is ) yang  telah  ditentukan.  Dan  lamanya  selang  waktu  relai  bekerja  untuk memberikan komando tripping adalah  sesuai dengan waktu setting ( Ts ) yang diinginkan. Pada relai ini waktu bekerjanya (  Ttripping = Ts ) tetap konstan,  tidak  dipengaruhi  oleh  besarnya  arus  yang  mengerjakan  relai tersebut.



Gambar 2.8
Karakteristik Definite





3. Over Current Relay ( OCR ) Instantaneous

Adalah Over Current Relay ( OCR ) yang bekerja tanpa waktu tunda. Relai ini akan memberikan perintah kepada PMT ( Pemutus Tenaga ) pada saat  terjadi  ganggua bila  besar  arus  gangguannya  melampaui  arus penyetelannya, dan jangka waktu kerja mulai pick up sampai kerja sangat singkat tanpa penundaan waktu ( 20 – 60 mdet).
Karena rela  ini tanpa perlambatan,     maka koordinasi untuk
 mendapatkan selektifitas didasarkan tingkat beda arus. Adapun jangkauan relai ini karena bekerjanya seketika atau tanpa perlambatan waktu, supaya selektif  maka  tidak  boleh  menjangkau  pada  keadaan  arus  gangguan maksimum.


Gambar 2.9
karakteristik Instantaneous


1)      Prinsip Kerja Over Current Relay ( OCR )
Prinsip kerja Over Current Relay ( OCR ) yang bekerjanya berdasarkan besaran arus lebih akibat adanya gangguan hubung singkat dan memberikan perintah trip ke PMT sesuai dengan karakteristik waktunya sehingga kerusakan alat akibat gangguan dapat dihindari.

Gambar 2.10

Prinsip Kerja over current relay

No comments:

Post a Comment

Pengalaman ganti keyboard Acer Aspire 4732Z

Acer Aspire 4732z merupakan laptop pertama saya, yang saya beli pada pertengahan 2011, sebenarnya laptop ini sangat tangguh, setidaknya samp...