3/29/2016

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Batubara)


Sumber : Pixabay
Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.
Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering. Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan berbagai macam bahan bakar terutama batu bara dan minyak bakar serta MFO untuk start up awal.
pembangkit listrik tenaga uap menggunakan bahan bakar batubara adalah salah satu jenis instalasi pembangkit tenaga listrik dimana tenaga listrik didapat dari mesin turbin yang diputar oleh uap yang dihasilkan melalui pembakaran batubara.
Proses konversi energi pada PLTU berlangsung melalui 3 tahapan, yaitu :
1.      energi kimia dalam bahan bakar diubah menjadi energi panas dalam
bentuk uap bertekanan dan temperatur tinggi.
2.      energi panas (uap) diubah menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran.  
3.      energi mekanik diubah menjadi energi listrik.

PLTU menggunakan fluida kerja air uap yang bersirkulasi secara tertutup. Siklus tertutup artinya menggunakan fluida yang sama secara berulang-ulang. Urutan sirkulasinya secara singkat adalah sebagai berikut :
- Pertama, air diisikan ke boiler hingga mengisi penuh seluruh luas permukaan pemindah panas. Didalam boiler air ini dipanaskan dengan gas panas hasil pembakaran bahan bakar dengan udara sehingga berubah menjadi uap.
- Kedua, uap hasil produksi boiler dengan tekanan dan temperatur tertentu diarahkan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan daya mekanik berupa putaran.
- Ketiga, generator yang dikopel langsung dengan turbin berputar menghasilkan energi listrik  sebagai hasil dari perputaran medan magnet dalam kumparan, sehingga ketika turbin berputar dihasilkan energi listrik dari terminal output generator
- Keempat, Uap bekas keluar turbin masuk ke kondensor untuk didinginkan dengan air pendingin agar berubah kembali menjadi air yang disebut air kondensat. Air kondensat hasil kondensasi uap kemudian digunakan lagi sebagai air pengisi boiler.
Demikian siklus ini berlangsung terus menerus dan berulang-ulang. 
Batubara  dikirim  melalui  laut,  disimpan  pada  tempat  penimbunan  stockpiles. Batubara  di distribusikan  ke  unit  PLTU  dari  stockpiles  melalui  stacker  reclaimer  yang disediakan atau dengan dozer melalui hopper bawah tanah. 
Air penambah diperlukan untuk mengganti air yang hilang melalui blow down, vent
serta  drain.  Air  ini  diperoleh  dari  unit  pemurnian  air.  Air  baku  dihasilkan  dari  unit desalinasi yang mengambil air laut dari kanal masuk sistem air pendingin.
Air  pendingin  (cooling  water)  dipasok  oleh  sistem  air pendingin  utama  (circulating water), dan sistem air pendingin bantu. Sistem air pendingin utama mengambil air dari  kanal  masuk  untuk  air  pendingin  kondensor  dan  heat  exchanger  sistem pendingin bantu. Sistem air pendingin bantu melayani alat bantu boiler dan turbin. Sistem ini disediakan untuk pusat pembangkit yang terdiri dari beberapa unit yang saling terhubung (interkoneksi) antar unit. Gas  buang  setelah  melewati  pemanas  udara  (air  heater)  regeneratif  dan penangkap  abu  (electrostatic  precipitator)  dibuang  ke  atmosfir  melalui  cerobong yang tinggi.

 


Skema Prinsip  Kerja PLTU Batubara

No comments:

Post a Comment

Pengalaman ganti keyboard Acer Aspire 4732Z

Acer Aspire 4732z merupakan laptop pertama saya, yang saya beli pada pertengahan 2011, sebenarnya laptop ini sangat tangguh, setidaknya samp...