4/02/2016

Jaringan Distribusi (Tegangan Menengah)



Jaringan distribusi disini adalah jaringan tegangan menengah dan tegangan rendah. Tegangan menengah bisa kita dapatkan dari gardu induk, bila perlu kita dapatkan dari unit pembangkitan yang kedua ini biasanya untuk skala kelistrikan yang kecil.
Standart tegangan menengah biasanya bertegangan 6 KV ini sedikit demi sedikit akan di hilangkan dan di ganti dengan sistem 20 kV. Distribusi dengan tegangan menengah biasa disebut distribusi primer, daerahnya adalah dari gardu induk sampai dengan gardu distribusi. Standart tegangan rendah adalah 127/220 V dan 220/380 V untuk sistem 3 phase 4 kawat, sistem tegangan 127/220 V akan di hilangkan dan di ganti dengan 220/380 V karena dari segi teknis dan ekonomis lebih menguntungkan. Sistem distribusi tegangan rendah ini disebut distribusi sekunder.
1.      Komponen fungsional jaringan
a. Jaringan tegangan menengah meliputi :
-Sumber pengisian, yang di maksud adalah di mulai dari sisi tegangan menengah dari trafo step-up pada pusat pembangkit atau step-down pada gardu induk.
-Gardu distribusi umum dan khusus.
-Saluran tegangan menengah.
b. Jaringan tegangan rendah meliputi :
-Saluran tegangan rendah.
-Sambungan rumah ( sampai dengan alat pengukur di bangun konsumen ).


                                               Skema Penyaluran Tenaga Listrik (Distribusi)

No comments:

Post a Comment

Pengalaman ganti keyboard Acer Aspire 4732Z

Acer Aspire 4732z merupakan laptop pertama saya, yang saya beli pada pertengahan 2011, sebenarnya laptop ini sangat tangguh, setidaknya samp...